Pentigkah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)?

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan tingkat pendidikan sebelum menuju tingkat pendidikan sekolah dasar (SD). PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia lima sampai enam tahun. Pendidikan Anak Usia Dini dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan Serta perkembangan jasmani dan rohani agar anak yang masih di usia dini memiliki kesiapan dan kecakapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pendidikan dalam tingkat ini bisa diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.



Mengapa pendidikan anak usia dini itu penting? Ya, karena masa usia dini merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan dan mendapatkan pembelajaran yang berarti.

Berdasarkan hasil penelitian, sekitar 50% kapabilitas kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak berumur 4 tahun, 80% telah terjadi ketika berumur 8 tahun, dan mencapai titik kulminasi ketika anak berumur sekitar 18 tahun.

Hal ini berarti bahwa perkembangan yang terjadi dalam kurun waktu 4 tahun pertama, sama besarnya dengan perkembangan yang terjadi pada kurun waktu 14 tahun berikutnya. Coba anda bayangkan bagaimana pentingnya masa perkembangan anak anda di usia mereka yang masih dini.

Periode emas ini merupakan periode kritis bagi anak, dimana perkembangan yang diperoleh pada periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya, hingga masa dewasa. Pahami, masa emas ini hanya datang sekali! Apabila terlewat, berarti habis sudah peluang Anda.

Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam bentuk pemberian rangsangan-rangsangan (stimulasi) dari lingkungan terdekat sangat diperlukan untuk mengoptimalkan kemampuan anak.

Singkatnya, pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Selain penjelasan tentang pentingnya pendidikan di usia dini dalam pembentukan fisik kordinasi motorik, kecerdasan anak serta pembentukan sikap dan perilaku anak sebagaimana yang diuraikan di atas, mungkin bagi pendidik perlu mengetahui manfaat dan tujuan dari pendidikan anak usia dini (PAUD), serta macam-macam lembaga pendidikan yang bisa dijadikan tempat belajar bagi anak. Selengkapnya bisa anda review di sini.


paud, anak, usia dini, pendidikan anak usia dini, sekolah, taman kanak-kanak, Pentingkah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)?
Anda sedang membaca artikel tentang Pentigkah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)? dan anda bisa menemukan artikel Pentigkah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)? ini dengan url http://paudbook.blogspot.com/2012/01/pentigkah-pendidikan-anak-usia-dini.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pentigkah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Pentigkah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)? sebagai sumbernya.

1 comments:

Kurikulum Paud said...

Masih banyak orang tua yang masih belum percaya kepada PAUD pada saat ini

Post a Comment

 
© Copyright 2012. paudbook.com . All rights reserved | paudbook.com is proudly powered by Blogger.com