Pengertian Perkembangan Intelektual dan Kognitif anak

Dalam Artikel kali ini kita akan berbicara tentang teori dan dasar pengertian perkembangan intelektual anak. Banyak para pakar yang mendifinisikan perkembangan intelektual anak sesuai dengan peta dan cara pandang mereka masing-masing. Berikut akan kami kemukakan beberapa pendapat para pakar tentang perkembangan anak dalam sisi intelektual atau kognitif :

Istilah intelek berasal dari bahasa Inggris intellect yang menurut Chaplin (1981) diartikan sebagai :
1. Proses kognitif, proses berpikir, daya menghubungkan, kemampuan
menilai, dan kemampuan mempertimbangkan;
2. Kemampuan mental atau intelegensi.
Menurut Mahfudin Shalahudin (1989) dinyatakan bahwa “intelek” adalah akal budi atau inteligensi yang berate kemampuan untuk meletakkan hubungan dari rposes berfikir. Selanjutnya, dikatakan bahwa orang yang intelligent adalah orang yang dapat menyelesaikan persoalan dalam waktu yang lebih singkat, memahami masalahnya lebih cepat dan cermat, serta mampu bertindak cepat.

Istilah inteligensi, semula berasal dari bahasa Latin intelligere yang berarti menghubungan atau menyatukan sama lain (Bimo Waalgito, 1981). Menurut William Stern, salah seorang pelopor dalam penelitian inteligensi, menyatakan inteligensi adalah kemampuan untuk menggunakan secara tepat alat-alat bantu dan pikiran guna dan pikiran guna menyesuaikan diri terhadap tuntutan-tuntutan baru (Kartini Kartono, 1984). Sedangkan Leis Hedison Terman berpendapat bahwa inteligensi adalah kesanggupan untuk belajar secara abstrak (Patty F, 1981). Di sini Terman membedakan antara concrete ability yaitu kemampuan yang berhubungan dengan hal-hal yang bersifat konkret abstract ability, yaitu kemampuan yang bersifat abstrak. Orang dikatakan inteligen, menurut Terman, jika orang tersebut mampu berpikir abstrak dengan baik.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian intelek tidak berbeda dengan pengertian inteligensi yang memiliki arti kemampuan untuk melakukan abstraksi,serta berpikir logis dan cepat sehingga dapat bergerak dan menyesuaikan diri terhadap situasi baru.

Jean Piaget mendefenisikan intellect adalah akal budi berdasarkan aspek-aspek kognitifnya, khususnya proses berpikir yang lebih tinggi (Bybee dan Sund, 1982). Sedangkan intelligence atau inteligensi menurut Jean Piaget diartikan sama dengan kecerdasan yaitu seluruh kemampuan berpikir dan bertindak secara adaptif, termasuk kemampuan mental yang kompleks seperti berpikir, mempertimbangkan, menganalisis, mensintesis, mengevaluasi dan menyelesaikan persoalan-persoalan. Jean Piaget mengatakan bahwa inteligensi adalah seluruh kemungkinan koordinasi yang memberi struktur kepada tingkah laku suatu organisme sebagai adaptasi mental terhadap situsi baru. Dalam arti sempit, inteligensi operasional, termasuk pula tahapan-tahapan yang sejak dari periode sensorimotoris sampai dengan operasional formal.

Semoga Bermanfaat !!
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Perkembangan Intelektual dan Kognitif anak dan anda bisa menemukan artikel Pengertian Perkembangan Intelektual dan Kognitif anak ini dengan url http://paudbook.blogspot.com/2013/01/pengertian-perkembangan-intelektual-dan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pengertian Perkembangan Intelektual dan Kognitif anak ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Pengertian Perkembangan Intelektual dan Kognitif anak sebagai sumbernya.

7 comments:

manz said...

terimakasih atas artikel yang anda buat menarik dan sangat bermanfaat bagi saya dan bagi banyak orang.
ditunggu kunjungan balik blog. :D

LSPR Bagi Ilmu said...

This is an amazing article! Please check and comment this blog : lsprbagiilmu.blogspot.com . Mari berbagi ilmu ;)

Unknown said...

terimakasih atas artikel yang anda buat menarik dan sangat bermanfaat bagi saya dan bagi banyak orang. dan
ditunggu kunjungan balik blog kami yang jualan kaos kaki muslimah. :D

Unknown said...

Bagi bapak / Ibu yang sedang mencari guru Les Privat SD, SMP, SMA silahkan hubungi kami.
Les Privat Di Pondok Aren

Unknown said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Unknown said...

kasirqq
kasirqq
kasirqq
kasirqq
poker99
poker online
poker99
kasirqq
kasirqq
kasirqq

Unknown said...

Rajaqq
laguqq
mainqq
idrpoker
kasirqq
kasirqq
kasirqq
poker online
kasirqq
kasirqq

Post a Comment

 
© Copyright 2012. paudbook.com . All rights reserved | paudbook.com is proudly powered by Blogger.com