Karakteristik Anak Usia Dini

Karakteristik Anak Usia Dini

Sebagai orang tua maupun pendidik (guru) dalam lembaga, anda selayaknya harus mengerti benar tentang anak didik. Anda di tuntut untuk mampu mengerti dan memahami karakter anak anda untuk memastikan tingkat atau jenjang yang sesuai bagi mereka. Terutama anak-anak yang masih duduk di bangku pendidikan anak usia dini (PAUD) maupun di bangku taman kanak-kanak.

Pola asuh anak dalam keluarga sangat berpengaruh dalam segala aspek perkembangan anak termasuk dalam beberapa kecerdasan anak, beberapa acuan sederhana kecakapan intrapersonal yang dapat digunakan untuk mengukur kesiapan anak memasuki sekolah dasar diantaranya:

  • Anak sudah mampu mengurus diri sendiri, antara lain dalam hal buang air kecil dan buang air besar.
  • Anak sudah mampu melaksanakan aktivitas-aktivitas tertentu dengan inisiatifnya sendiri, misalnya bangun, mandi, dan makan tanpa harus disuruh-suruh atau di kejar-kejar untuk melaksanakan urutan tugas-tugas tersebut agar tidak terlambat sekolah.
  • Anak sudah memiliki inisiatif sendiri untuk belajar dan segera mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas tersebut.
  • Anak sudah memiliki kesadaran bahwa untuk dapat memahami dan mendalami suatu ilmu atau kecakapan, harus belajar dengan benar.
  • Anak sudah mampu mengelola dan mengendalikan serta mengelola emosinya secara tepat guna (appropriate) dan konstruktif, bukan secara destruktif (mengamuk, membanting, memukul, berguling-guling dan sebagainya).

Beberapa aspek diatas mau tidak mau harus dimiliki oleh anak, guna kesuksesan belajarnya. Menurut Tembong, melalui proses pembelajaran yang benar, baik di rumah, di sekolah, maupun dilingkungan pengembangan lainnya, di akhir masa sekolah dasar, diharapkan anak memiliki :

  • Need of Achievement (keinginan untuk berprestasi) yang cukup tinggi. Keinginan yang muncul dari dirinya sendiri atau kebutuhan menjadi lebih baik dari hasil sebelumnya.
  • Need of competences (kompetensi) Keinginan atau kebutuhan untuk mampu menguasai berbagai macam kecakapan yang diperlukan dalam perkembangan berikutnya.
  • Kemampuan mengelola dan mengungkapkan emosi-emosi nya secara lebih dewasa
  • Kemampuan untuk menentukan pilihan atas stimulus yang positif dan konstruktif.

Adapun beberapa tolak ukur keberhasilan yang cukup penting dan mendasar dalam perkembangan kecakapan interpersonal anak adalah :

  • Anak-anak mampu menjalin kerja sama dan kesetiaan persahabatan yang positif dengan teman sebaya.
  • Anak-anak mampu memaafkan kesalahan orang lain dan meminta maaf bila mereka bersalah.
  • Anak-anak mampu beradaptasi dengan lingkungan sosial atau pertemanan baru.
  • Anak mampu mengidentifikasi peranan penting dirinya, baik didalam lingkungan keluarga, sekolah maupun di kalangan teman-teman sebayanya.
Mungkin sedikit gambaran di atas tentang karakteristik anak usia dini bisa menjadi panduan bagi anda untuk lebih memahami tentang perkembangan anak anda. Anak adalah warisan yang harus dijaga dan diberdayakan dengan sebaik-baiknya.

karakteristik anak usia dini, paud, pendidikan anak usia dini, taman kanak-kanak, orang tua, guru, pendidik, sekolah, perkembangan anak, psikologi anak, karakter anak, pendidikan anak
Anda sedang membaca artikel tentang Karakteristik Anak Usia Dini dan anda bisa menemukan artikel Karakteristik Anak Usia Dini ini dengan url http://paudbook.blogspot.com/2012/01/karakteristik-anak-usia-dini.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Karakteristik Anak Usia Dini ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Karakteristik Anak Usia Dini sebagai sumbernya.

5 comments:

Lilis said...

Untuk melengkapi informasi di atas bisa dilihat pada site :
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2838/1/Artikel_30401971.pdf

Unknown said...

anak bagai kaset kosong yang harus hati2 dalam merekamnyam,,.. karna rekaman yang baik akan membawa anak pada kematangan dan keberhasilan

peluang usaha tahun 2013 said...

terima kasih postingnya!!!

manz said...

artikel yang menarik semoga bermanfaat juga bagi orang banyak
ditunggu kunjungan balik blognya yah :D

@gudegmen said...

trimaksih postingnya, kami tunggu tentang anak paud yg lain

Post a Comment

 
© Copyright 2012. paudbook.com . All rights reserved | paudbook.com is proudly powered by Blogger.com