Dongeng dan Psikologi Anak Usia Dini

Dongeng dan Psikologi Anak Usia Dini
Mungkin sebagian besar orang tua maupun pendidik di lembaga pendidikan seperti pendidikan anak usia dini (PAUD) maupun Taman Kanak-Kanak mulai agak bosan dengan hal ini. Kira-kira apa ya hal itu?. Hal itu tidak lain adalah dongeng atau cerita. Kebanyakan orang mulai agak malas jika dihadapkan dengan dongeng bagi anak mereka. Kebanyakan dari mereka lebih senang membiarkan anak mereka duduk manis di depan Televisi daripada harus meminta dongeng pada orang tua. Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan semakin maraknya acara anak-anak menjadi nilai lebih bagi Televisi.


Kendati demikian, kegiatan mendongeng sebetulnya bisa memikat dan mendatangkan banyak manfaat, bukan hanya untuk anak-anak tetapi juga orang tua yang mendongeng untuk anaknya. Kegiatan ini dapat mempererat ikatan dan komunikasi yang terjalin antara orang tua dan anak. Para pakar menyatakan ada beberapa manfaat lain yang dapat digali dari kegiatan mendongeng ini.

Pertama, anak dapat mengasah daya pikir dan imajinasinya. Hal yang belum tentu dapat terpenuhi bila anak hanya menonton dari televisi. Anak dapat membentuk visualisasinya sendiri dari cerita yang didengarkan. Ia dapat membayangkan seperti apa tokoh-tokoh maupun situasi yang muncul dari dongeng tersebut. Lama-kelamaan anak dapat melatih kreativitas dengan cara ini.

Kedua, cerita atau dongeng merupakan media yang efektif untuk menanamkan berbagai nilai dan etika kepada anak, bahkan untuk menumbuhkan rasa empati. Misalnya nilai-nilai kejujuran, rendah hati, kesetiakawanan, kerja keras, maupun tentang berbagai kebiasaan sehari-hari seprti pentingnya makan sayur dan menggosok gigi. Anak juga diharapkan dapat lebih mudah menyerap berbagai nilai dengan tidak bersikap memerintah atau menggurui, sebaliknya para tokoh cerita dalam dongeng tersebutlah yang diharapkan menjadi contoh atau teladan bagi anak.

Ketiga, dongeng dapat menjadi langkah awal untuk menumbuhkan minat baca anak. Setelah tertarik pada berbagai dongeng yang diceritakan, anak diharapkan mulai menumbuhkan ketertarikannya pada buku. Diawali dengan buku-buku dongeng yang kerap didengarnya, kemudian meluas pada buku-buku lain seperti buku pengetahuan, sains, agama, dan sebagainya.

Tidak ada batasan usia yang ketat mengenai kapan sebaiknya anak dapat mulai diberi dongeng. Untuk anak-anak usia prasekolah, dongeng dapat membantu mengembangkan kosa kata. Hanya saja cerita yang dipilihkan tentu saja yang sederhana dan kerap ditemui anak sehari-hari. Misalnya dongeng-dongeng tentang binatang. Sedangkan untuk anak-anak usia sekolah dasar dapat dipilihkan cerita yang mengandung teladan, nilai dan pesan moral serta problem solving. Harapannya nilai dan pesan tersebut kemudian dapat diterapkan anak dalam kehidupan sehari-hari.

Keberhasilan suatu dongeng tidak saja ditentukan oleh daya rangsang imajinatifnya, tapi juga kesadaran dan kemampuan pendongeng untuk menyajikannya secara menarik. Untuk itu kita dapat menggunakan berbagai alat bantu seperti boneka atau berbagai buku cerita sebagai sumber yang dapat dibaca oleh orang tua sebelum mendongeng.

Dapat disimpulkan manfaat Dongeng untuk anak adalah :

1. Mengasah daya pikir dan imajinasi
2. Menanamkan berbagi nilai dan etika
3. Menumbuhkan minat baca

Mengingat begitu pentingnya dongeng bagi perkembangan anak dan juga psikologi anak, semestinya para pendidik di rumah maupun di lembaga tetap mempertahankan tradisi mendongeng pada anak-anak. Mendongeng bukanlah hal yang sia-sia jika dilakukan dengan benar dan menarik. Dongeng juga bisa menjadi media belajar anak anda baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dongeng dan Psikologi Anak Usia Dini, manfaat dongeng, dongeng untuk anak, paud, pendidikan anak usia dini, taman kanak-kanak, sekolah, pendidik, orang tua, perkembangan anak, psikologi anak usia dini, dongeng dan anak, mendongeng
Anda sedang membaca artikel tentang Dongeng dan Psikologi Anak Usia Dini dan anda bisa menemukan artikel Dongeng dan Psikologi Anak Usia Dini ini dengan url http://paudbook.blogspot.com/2012/01/dongeng-dan-psikologi-anak-usia-dini.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Dongeng dan Psikologi Anak Usia Dini ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Dongeng dan Psikologi Anak Usia Dini sebagai sumbernya.

13 comments:

Kak Zepe Lagu2anak.blogspot.com said...

Wahhh…. Blognya keren
Salam kenal ya…
Saya juga punya sebuah blog yang banyak membahas lagu2 anak..
Ada juga 80an lagu anak karya saya sendiri
Mohon kunjung balik ya…
Kak Zepe
http://lagu2anak.blogspot.com

De_Luffy said...

iya makasih banyak kak zepe...
ditunggu kunjungannya yach..

pramono said...

Bagus sekali blognya sangat inspiratip bagi sy. Sy sdg mengembangkan fit for school untuk tk Dan paud. Sy mohon izin link blog ini Dihubungkan dgn kesehatan gigi Dan mulut. Salam kenal

yna christianschool said...

wow.... it's cool.
salam kenal ya....

ikut share di blog kami ya....
blog sekolah untuk anak- PAUD dan SD.

www.lynelifestyle.blogspot.com
www.ynachristianschool.blogspot.com

monggo kunjungannya....
thx so much...

main tee said...

dengann membacakan dongeng jg akan menjalin kedekatan antara ibu dan anak. naiz post sist :)

Percetakan Jakarta said...

wahhh posting yang bermanfaat.. saya memiliki anak yang malas membaca. semoga dengan mempraktekan post ini saya dpt memancing minat anak,, terima kasih

alat berat said...

buku adalah jendela ilmu.byasakan membaca anak sejak dini

water filter said...

sangatt bermanfaat bagi ortu muda seperti saya. terima kasih

furniture jakarta said...

semoga saya bisa menjadi calon org tua yang baik

web desain indonesia said...

anak saya selalu sentimen dengan buku, baik buku bergambar maupun buku2 menarik lainnya.. adakah tips untuk menarik minat baca anak saya?

pressure gauge said...

anak saya sudah lebih mencintai buku, setelah saya praktekkan postingan ini. terima kasihh :)

pompa sumersible said...

good sistaaa... terima kasih atas artikel bermanfaatnya

wahyu ristiani said...

like this

Post a Comment

 
© Copyright 2012. paudbook.com . All rights reserved | paudbook.com is proudly powered by Blogger.com