Hipnotis Dongeng Terhadap Anak

Hipnotis Dongeng Terhadap Anak
Assalamu'alaikum..
Salam sejahtera kepada para orang tua dan pendidik di lembaga pendidikan anak usia dini (paud) dan taman kanak-kanak. Artikel saat ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul "Dongeng dan Psikologi Anak Usia Dini". Bagi anda yang belum sempat membaca artikel sebelumnya silahkan anda klik di link ini. Artikel ini akan menyikapi lagi tentang manfaat dongeng bagi anak anda. Dan diharapkan setelah membaca artikel ini anda mampu menimbang sendiri tentang penting atau tidaknya dongeng bagi perkembangan dan psikologi anak anda.

Tak bisa disangkal bahwa dongeng memang memiliki daya tarik tersendiri. Di sebagian sisi, terjadi suatu fenomena klise, bahwa anak-anak sebelum tidur kerap minta mendengar dongeng yang dikisahkan oleh ibu, nenek, atau orang dewasa yang berusaha menidurkannya. Meski bisa saja ditafsirkan bahwa dongeng tak selamanya menyenangkan, namun kenyataannya memang dongeng mudah membuat anak tertidur, disamping dongeng disetujui sebagai aktifitas rileks memang memiliki potensi konstruktif untuk mendukung pertumbuhkembangan mental anak.

Bercerita atau mendongeng dalam bahasa Inggris disebut storytelling, memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut diantaranya adalah mampu mengembangkan daya pikir dan imajinasi anak, mengembangkan kemampuan berbicara anak, mengembangkan daya sosialisasi anak dan yang terutama adalah sarana komunikasi anak dengan orang tuanya. (Media Indonesia, 2006). Kalangan ahli psikologi menyarankan agar orangtua membiasakan mendongeng untuk mengurangi pengaruh buruk alat permainan modern. Hal itu dipentingkan mengingat interaksi langsung antara anak balita dengan orangtuanya dengan mendongeng sangat berpengaruh dalam membentuk karakter anak menjelang dewasa.

Selain itu, dari berbagai cara untuk mendidik anak, dongeng merupakan cara yang tak kalah ampuh dan efektif untuk memberikan human touch atau sentuhan manusiawi dan sportifitas bagi anak. Melalui dongeng pula jelajah cakrawala pemikiran anak akan menjadi lebih baik, lebih kritis, dan cerdas. Anak juga bisa memahami hal mana yang perlu ditiru dan yang tidak boleh ditiru. Hal ini akan membantu mereka dalam mengidentifikasikan diri dengan lingkungan sekitar disamping memudahkan mereka menilai dan memposisikan diri di tengah-tengah orang lain. Sebaliknya, anak yang kurang imajinasi bisa berakibat pada pergaulan yang kurang, sulit bersosialisasi atau beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Namun terlepas dari setumpuk teori manfaat tersebut, rasanya kita tetap harus berhati-hati. Karena jika kita kurang teliti, cukup banyak dongeng mengandung kisah yang justru rawan menjadi teladan buruk bagi anak-anak. Sebut saja dongeng rakyat tentang Sangkuriang yang secara eksplisit mengisahkan bahwa ibu kandung Sang-kuriang gara-gara bersumpah akan menjadi istri pihak yang mengambil peralatan tenun yang jatuh terpaksa menikah dengan seekor anjing. Tak cukup itu kondisi diperparah oleh kisah bahwa setelah membunuh sang anjing yang notabene adalah ayah kandungnya sendiri Sangkuriang sempat jatuh cinta dalam makna asmara kepada Dayang Sumbi, ibu kandungnya sendiri. Belum terhitung kelicikan Dayang Sumbi membangunkan ayam jago agar berkokok sebelum saat fajar benar-benar tiba, demi mengecoh Sangkuriang agar menduga dirinya gagal memenuhi permintaan Dayang Sumbi yakni merampungkan pembuatan perahu dalam satu malam saja. Karena muatan-muatan pada cerita dongeng harus dipertimbangkan dengan kondisi psikologi yang mungkin deserap oleh sang anak, jangan sampai terjadi kesalahan pemahaman dari dongeng yang dimaksudkan positif malah menjadi negatif.

Semoga sedikit buah tangan dari penulis di atas mampu memberikan inspirasi lebih bagi orang tua dan para pendidik. Kalaupun ada yang ingin ditambahkan atau ada sebuah pertanyaan anda bisa menulis melalui komentar di bawah. Mungkin cukup disini pembahasan tentang manfaat dongeng terhadap anak. Dan InsyaAllah kalau ada permasalahan yang menarik tentang dunia anak, penulis akan berbagi dengan anda semua.

hipnotis, dongeng dan anak, hipnotis dongeng terhadap anak, Dongeng dan Psikologi Anak Usia Dini, manfaat dongeng, dongeng untuk anak, paud, pendidikan anak usia dini, taman kanak-kanak, sekolah, pendidik, orang tua, perkembangan anak, psikologi anak usia dini, dongeng dan anak, mendongeng
Anda sedang membaca artikel tentang Hipnotis Dongeng Terhadap Anak dan anda bisa menemukan artikel Hipnotis Dongeng Terhadap Anak ini dengan url http://paudbook.blogspot.com/2012/01/hipnotis-dongeng-terhadap-anak.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Hipnotis Dongeng Terhadap Anak ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Hipnotis Dongeng Terhadap Anak sebagai sumbernya.

1 comments:

johan ajis said...

setuju selain untuk menanamkan pelajaran moral dongeng juga merupakan hiburan alternatif bagi anak anak ,yang memberi ruang berimajinasi dan membangkitkan rasa ingin tahu yang tinggi ,juga sebagai pengenalan buku tahap awal

Post a Comment

 
© Copyright 2012. paudbook.com . All rights reserved | paudbook.com is proudly powered by Blogger.com