Tips mendidik anak usia dini yang nakal

Tips mendidik anak usia dini yang nakal
Nah, pada artikel kali ini kita akan mencoba membahas tentang anak nakal. Selama ini mungkin orang tua maupun pendidik di lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) maupun taman kanak-kanak atau bahkan di sekolah dasar sering menemui anak-anak yang berlabel anak nakal. Dan terkadang juga sempat dibingungkan dengan kenakalan anak tersebut. Mungkin beberapa tips dibawah ini mampu memudahkan anda dalam menghadapi anak-anak nakal.

Jika membahas soal anak memang gampang-gamapng susah, terutama bagi anak yang nakal repotnya minta ampun. Anak yang nakal dan susah diatur mungkin ada kaitannya dengan latar belakang keluarga itu sendiri. Namun para orang tua yang memiliki anak yang nakal tidak usah bingung bagaimana cara mendidik dan mengatasi anak nakal, disini saya akan memberikan tips cara mendidik dan mengatasi anak nakal mudah-mudahan tips yang saya berikan ini bisa menjadi solusi untuk anda dalam mendidik dan mengatasi anak anda.

Berikut ada beberapa cara mendidik dan mengatasi masalah tersebut:
  • Didekati si anak ajak komunikasi sebagai teman
  • Diberi kesempatan untuk bercerita tentang hal apa saja yang dia temui
  • Diajarai sifat dan sikap tanggung jawab

Untuk membiasakan anak bertanggung jawab haruslah dimulai sejak dini, tanpa dibiasakan sejak kecil tidak mungkin anak mempunyai rasa tanggung jawab.
  • Biasakan anak mengambil dan mengembalikan maiananya sendiri sebelum dan sesudah bermain
  • Biaskan anak untuk melakukan tugas-tugas ringan sejak kecil
  • Bisakan anak untuk menjaga kebersihan
  • Bila nakal tegurlah dan diberi pengarahan
  • Bila melakukan kesalahan dengan orang lain biasakan anak untuk minta maaf agar dia mengeri dan menyadari kesalahannya
  • Biasakan anak untuk mengucapkan terimakasih bila ditolong atau diberi sesuatu oleh orang lain.

Di atas tadi merupakan cara mendidik anak, mendidik dan mengatasi anak adalah tanggung jawab kita para orang tua untuk itu jika anda merasa kesulitan mengatasi anak yang nakal segeralah cari solusi agar anda tidak salah dalam mendidik. Pada artikel selanjutnya penulis akan membagikan tips-tips yang lain yang sekiranya bermanfaat dalam pendidikan anak.

Tag : Tips mendidik anak usia dini yang nakal, perkembangan anak usia dini, pendidikan anak usia dini, paud, taman kanak-kanak, psikologi anak usia dini, karakter anak usia dini, sekolah
Anda sedang membaca artikel tentang Tips mendidik anak usia dini yang nakal dan anda bisa menemukan artikel Tips mendidik anak usia dini yang nakal ini dengan url http://paudbook.blogspot.com/2012/01/tips-mendidik-anak-usia-dini-yang-nakal.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tips mendidik anak usia dini yang nakal ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Tips mendidik anak usia dini yang nakal sebagai sumbernya.

11 comments:

hosting murah said...

artikelnya siip dan mantap gan
laen kali buat lagi ya yang pastinya lebih mantappp
akkku pasti akan datang lagi mengunjungi laman nie,,,n_n

---------//////-----------
salam kenal,jangan lupa juga mampir ksini ya?
RAJAWEBHOST.COM
RajaNya Web Hosting Murah No.1 di Indonesia

Aziz said...

ikutan mencontoh cara mendidik anaknya, terimakasih.

ayunin mukafi said...

bner bgt tuh,.klo anak salah ya salah ditegur ..klo emng hrus nangis ya biarin ajah nangis biar dia tau klo yg dilakuin itu salah
Kbykan org malah klo anak salah di biarin aja..malahan dimanjain..krena tiba2 si anak nangis krena kemauannya tidak diturutin ..

udasaif said...

tambahan dong, saya memang bukan profesional dlm bidang ini, tapi sdikit mengerti krna msh ditekuni di bidang pendidikan dan perkembangan anak.

semua yang di atas memang benar tapi ada satu hal yang perlu ada, yaitu punishment dari ksalahan yang dilakukan dan satu orang yang dia takuti.

dalam kondisi ajar mengajar di sana, 1 orang (kita) seakan menjadi teman dan mengajarkan secara perlahan, namun ada 1 orang lain (guru atau siapapun) yang sifatnya keras dan ditakuti oleh anak ini. ini akan sdikit menekan psikologi anak untuk berbuat baik / tidak melanggar peraturan. dengan cara ini program kami cukup berjalan dengan baik.

walau saya kurang faham dampak negatif ato positif di masa yng akan datang. just share, cuma mau nambahin, kalo salah tlong balik kritik saya. trimakasih,

Anonymous said...

Dunia anak memang unik, menarik dan menantang ... Serta penuh dengan kesabaran

Ani Mulyani said...

terima kasih informasinya bunda

BMG (Belajar Mandiri Gratis) said...

Artikel menarik... anak memang harus diberikan pengertian dengan pendidikan yang sesuai dengan perkembangannya..salam kenal.

Green D'kill said...

saya mau bertanya, bagaimana cara mengatasi anak nakal yang tidak mau ditegur dan jika ditegur malah semakin melawan?

Retno said...

Artikelnya sangat menarik karena bisa di praktikan dalam kehidupan sehari - hari

mampir di pondokibu.com ya ?

asolihin skb said...

Kami selaku peminat pendidikan Anak selalu berharap dapa mempraktikan tips2 dan langkh2 dalam membina anak Paud hingga menjadi lebih baik lagi, Artikel yg menarik..substansinya sudh mengena dan bermanfaat..terima kasih..

Naya said...

Terima kasih untuk artikel nyang sangat bermanfaat ini. Akhirnya saya bisa mengatasi masalah "tingkah" anak saya.

Post a Comment

 
© Copyright 2012. paudbook.com . All rights reserved | paudbook.com is proudly powered by Blogger.com